Kamis, 10 Oktober 2013

Ilmu Sosial Dasar - Pendahuluan

A. PENDAHULUAN
1.     Definisi Ilmu Sosial Dasar
Ilmu sosial dasar adalah ilmu yang mempelajari mengenai masalah-masalah yang terjadi dan berkembang di masyarakat. Mulai dari masalah sederhana hingga kompleks. Masalah-masalah tersebut ditelaah dan diselesaikan menggunakan penjelasan dari berbagai bidang pengetahuan dan ilmu-ilmu sosial. Adapun yang menyebutkan bahwa ilmu sosial dasar adalah ilmu yang mempelajari :
Ø  Hubungan dengan pengaruh timbal balik antara aneka macam gejala-gejala sosial.
Ø  Hubungan dan pengaruh timbal balik antara gejala soaial maupun gejala-gejala non sosial. (Pitirin Sorokin) 
Ilmu sosial dasaradalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial, khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial. Seperti : sejarah,ekonomi, geografi, sosial, sosiologi, antropologi, psikologi sosial.
 
2.     Tujuan Mempelajari Ilmu Sosial Dasar
Sebagai makhluk sosial kita senantiasa berkomunikasi dan berhubungan antara satu dan lainnya. Hubungan tersebut berupa manusia dengan dirinya sendiri, manusia dengan manusia, dan manusia dengan masyarakat.
Ilmu sosial dasar berkenaan dengan masalah—masalah sosial yang terjadi di masyarakat yang dapat dilihat dengan gajala-gejala yang timbul berupa maslaah ekonomi, pendidikan, pembangunan, dan lain sebagainya. Tujuan utama mempelajari ilmu sosial dasar ialah untuk meningkatkan daya tangkap,  persepsi dan penalaran mengenai masalah—masalah dimasyarakat sehingga kepekaan mereka akan lingkungan sosialnya lebih besar.
Sebagai mahasiswa yang nantinya akan mengabdi ke masyarakat dalam arti luas yaitu ke lingkungan sosial. Maka diharuskan mempelajari ilmu sosial dasar dengan tujuan sebagai berikut :
a.      Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada dalam masyarakat.
b.     Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha-usahamenanggulanginya.
c.      Menyadari bahwa setiap masalah sosial yang timbul dalam masyarakat selalu bersifat kompleks dan hanya dapat mendekatinya mempelajarinya) secara kritis-interdisipliner.
d.     Memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.
 
3.     Kelompok Ilmu Pengetahuan
Secara umum, Ilmu pengetahuan dibagi menjadi 3 kelompok. Pengelompokkan ini didasarkan pada obyek atau bidang kajian setiap ilmu. Ketiga kelompok ilmu trsebut adalah Ilmu pengetahuan Alam (natural science), Ilmu pengetahuan Sosial (social science), dan Ilmu pengetahuan Budaya (Humanitics Study).
a.      Ilmu Pengetahuan Alam ( natural science) yaitu Ilmu yang mengkaji gejala-gejala alam , baik yang hayati maupun nonhayati. Ilmu pengetahuan alam antara lain adalah Biologi, Kimia, dan Fisika.
Penjelasan Ilmu Pengetahuan Alam adalah istilah yang digunakan yang merujuk pada rumpun ilmu dimana obyeknya adalah benda-benda alam dengan hukum-hukum yang pasti dan umum, berlaku kapan pun dimana pun. sedangkan dari sisi Ilmu Alamiah Dasar adalah mempelajari tentang metode - metode ilmu kealaman dalam menjelaskan gejala - gejala alam secara lebih filosofis.
b.     Ilmu Pengetahuan Sosial (social science) adalah Ilmu yang mengkaji kehidupan bersama manusia dengan sesamanya. Ilmu pengetahuan sosial antara lain adalah sosiologi, ilmu politik, ilmu hukum dan ilmu ekonomi.
Penjelasan Ilmu Pengetahuan Sosial adalah sekelompok disiplin akademis yang mempelajari aspek-aspek yang berhubungan dengan manusia dan lingkungan sosialnya. Sedangkan Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan yang menelaah masalah - masalah sosial. Terutama masalah - masalah yang diwujudkan oleh masyarakat Indonesia dengan menggunakan teori - teori seperti (fakta, konsep, teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu - ilmu sosial seperti (Geografi Sosial, Sosiologi, Antropologi Sosial, Ilmu Politik, Ekonomi, Psikologi Sosial dan Sejarah).
c.      Ilmu pengetahuan Budaya (Humanitics Study) adalah Ilmu yang mempelajari tentang manifestasi atau perwujudan spiritual dari kehidupan bersama manusia. Ilmu pengetahuan budaya ini antara lain adalah Kesustraan, bahasa, agama, filsafat, dan kesenian.
Penjelasan  Ilmu Pengetahuan Budaya adalah ilmu-ilmu pengetahuan yang dianggap bertujuan membuat manusia lebih manusiawi, dalam arti membuat manusia lebih berbudaya. Kategori yang tergolong dalam ilmu ini seperti (Teologi, Filsafat, Hukum, Sejarah, Filologi, Bahasa, Budaya & Linguistik (Kajian bahasa), Kesusastraan, Kesenian, Psikologi). Sedangkan Ilmu Budaya Dasar adalah suatu ilmu yang mempelajari dasar dasar kebudayaan pola yang terjadi dalah kehidupan sehari - hari dalam manusia.
 
4.     Perbedaan Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial
Secara dasar dan sederhana perbedaan antara ilmu sosial dasar dengan  ilmu pengetahuan sosial adalah sebagai berikut :
a.      Ilmu Sosial Dasar diberikan di Perguruan Tinggi, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diberikan di Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan.
b.     Ilmu Sosial Dasar merupakan satu matakuliah tunggal, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial merupakan kelompok dari sejumlah mata pelajaran (untuk sekolah lanjutan).
c.      Ilmu Sosial Dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedang Ilmu Pengetahuan Sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan ketrampilan intelektual.
Ilmu Budaya Dasar adalah ilmu yang mempelajari tentang dasar-dasar budaya di suatu daerah/tempat. Misalnya, nilai hubungan perilaku anak dengan orang tuanya, anak dengan teman disekitarnya, dan hubungan masyarakat dengan masyarakat lainnya. Mengenal Ilmu Budaya Dasar sangatlah menyenangkan, karena dalam mengenal suatu budaya maka kita juga dapat  melestarikan budaya tersebut agar budaya yang ada tidak punah. Selain itu, Ilmu Budaya Dasar juga sangat berpengaruh dalam proses mengenal suatu budaya.
Lain halnya dengan ilmu budaya dasar, Ilmu Pengetahuan Sosial adalah ilmu yang mempelajari tentang hubungan sosial dalam bermasyarakat. Ilmu Pengetahuan Sosial juga mengajarkan kita dalam berinteraksi yang baik dengan masyarakat sekitar. Misalnya, kita harus menghormati orang yang lebih tua, berbicara dengan bahasa yang baik dan benar, dan bersikap sopan santun.
Jadi ilmu budaya dasar mempelajari tentang masalah manusia yang berkaitan dengan budaya dan dasar-dasarnya , sedangkan ilmu pengetahuan sosial mempelajari tentang masalah manusia dengan lingkungan sosialnya.
 
5.     Persamaan Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial
Persamaan Ilmu Sosial Dasar dan Ilmu Pengetahuan Sosial adalah sebagai berikut :
a.      Objek yang dikaji sama yaitu mengenai manusia dan lingkungan sosialnya.
b.     Kedua-duanya merupakan bahan studi untuk kepentingan program kependidikan/Pengajaran.
c.      Keduanya baik Ilmu Sosial Dasar maupun Ilmu Pengetahuan Sosial mempunyai materi yang terdiri dari fakta sosial dan masalah sosial.
d.     Keduanya bukan disiplin ilmu yang berdiri sendiri.
 
 
6.     Ruang Lingkup Ilmu Sosial Dasar
Berpangkal pada tujuan mempelajari ilmu sosial dasar, maka ada 2 masalah yang dapat dipakai sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan ruang lingkup pembahasan mata kuliah Ilmu Sosial Dasar, yaitu :
a.      Adanya berbagai aspek pada kenyataan-kenyataan yang bersama-sama merupakan suatu masalah sosial, sehingga biasanya suatu masalah sosial bisa ditanggapi dengan pendekatan yang berbeda-beda. Sebagai pendekatan tersendiri maupun gabungan (antar bidang).
b.     Adanya beraneka ragam golongan dan kesatuan sosial dalam masyarakat yang masing-masing mempunyai kepentingan kebutuhan serta pola-pola pemikiran dan pola-pola tingkahlaku sendiri, tetapi juga adanya amat banyak persamaan kepentingan kebutuhan serta persamaan dalam pola-pola pemikiran dan pola-pola tingkah laku yang menyebabkan adanya pertentangan-pertentangan mauupun hubungan-hubungan setiakawan dan kerjasama dalam masyarakat itu.
Berdasarkan ruang lingkup kajian sebagaimana tersebut di atas, kiranya masih memerlukan penjabaran lebih lanjut untuk bisa di operasionalkan,yaitu ke dalam beberapa pokok bahasan dan sub-pokok bahasan.
Berdasarkan Konsorsium Antar Bidang, maka perkuliahan Ilmu Sosial Dasar dibagi dalam 8 (delapan) Pokok Bahasan (masing-masing dengan sub pokok bahasan ), sehingga dari perkuliahan tersebut kepada mahasiswa diharapkan :
a.      Mempelajari dan menyadari adanya berbagai masalah kependudukan dalam hubungannya dengan perkembangan masyarakat dan kebudayaan.
b.     Mempelajari dan menyadari adanya masalah-masalah individu, keluarga dan masyarakat.
c.      Mengkaji masalah-masalah kependudukan dan sosialisai serta menyadari identitasnya sebagai pemuda dan mahasiswa.
d.     Mempelajari hubungan antara warga negara dan negara.
e.      Mempelajari hubungan antara pelapisan sosial dan persamaan derajat.
f.       Mempelajari masalah-masalah yang dihadapi oleh masyarakat perkotaan dan masyarakat perdesaan.
g.      Mempelajari dan menyadari adanya pertentangan-pertentangan sosial bersamaan dengan adanya integrasi masyarakat.
h.       Mempelajari usaha pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi oleh manusia untuk memanfaatkan kemakmuran dan pengurangan kemiskinan.

Sumber :
Buku Ilmu Sosial Dasar Penulis Drs. Abu Ahmadi 
http://bayoscreamo.blogspot.com/2011/10/persamaan-antara-ilmu-sosial-dasar-dan.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar